Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform
Application
Digital

Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform kilatbill.id (“Syarat & Ketentuan”) yang ditetapkan di bawah ini mengatur tata cara penggunaan dan hak dan kewajiban Pengguna Platform kilatbill.id. Dengan mendaftar pada, mengakses, dan/atau menggunakan Platform kilatbill.id, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua materi dalam Syarat & Ketentuan ini.

Syarat & Ketentuan ini merupakan bentuk perjanjian Layanan yang sah antara Pengguna dengan kilatbill.id dan harus dibaca dan diartikan sebagai satu kesatuan dengan Kebijakan Privasi yang tercantum dalam laman situs kilatbill.id. Jika Pengguna tidak menyetujui sebagian atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di Platform kilatbill.id.

  1. Definisi
    1. kilatbill.id atau Kami merupakan PT Kilat Bill, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

      Pengguna/User atau Anda merupakan perusahaan atau perorangan baik yang tidak terdaftar namun melakukan akses ke Platform kilatbill.id maupun yang terdaftar pada dan menggunakan Platform kilatbill.id.

      Platform kilatbill.id merupakan situs web, aplikasi, atau sistem elektronik lainnya milik kilatbill.id. Invoice merupakan suatu dokumen yang digunakan sebagai pernyataan penagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli dimana invoice tersebut berisi tentang rincian barang/jasa yang dibeli, harga satuan dan total harga, serta tanggal penagihannya.

      Mitra merupakan perusahaan atau perorangan yang menjadi rekan bisnis dari Pengguna, baik itu sebagai pemasok/supplier, pembeli/buyer, atau pihak yang dapat dipersamakan dengan hal tersebut.

      Data Registrasi merupakan data terkait Pengguna yang dimasukkan oleh Pengguna saat registrasi pertama kali pada Platform kilatbill.id.

      Data Pembayaran merupakan data terkait Pengguna yang dimasukkan Pengguna saat dan sebelum melakukan Digital Payment pada Platform kilatbill.id.

      Data Mitra merupakan data terkait Mitra yang dimasukkan Pengguna sebagai (i) penerima invoice dan/atau (ii) penerima pembayaran dalam Platform kilatbill.id.

      Layanan adalah setiap fungsi dari kilatbill.id yang dipergunakan oleh Pengguna dan Mitra untuk mengakses informasi yang tersedia, mengambil keputusan untuk melakukan transaksi pembayaran, atau lainnya.

      Digital Payment merupakan layanan pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara.

      Reverse Engineering merupakan teknik yang digunakan untuk mengetahui pemrosesan data yang terjadi pada Platform kilatbill.id.

      Customer Service merupakan salah satu tindakan untuk meningkatkan pelayanan kilatbill.id kepada User dan Mitra.

      Verifikasi Identitas Diri adalah proses yang dilakukan untuk jaminan keamanan Layanan Digital Payment dengan cara pemrosesan data pribadi Pengguna yang meng menggunakan layanan Digital Payment.

      Verifikasi Bisnis adalah proses yang dilakukan untuk jaminan keamanan Layanan Digital Payment dengan cara pemrosesan data perusahaan dari Pengguna yang menggunakan layanan Digital Payment.

      Hari Kerja adalah hari Senin-Jumat pukul 9.00 sampai 17.00 WIB, selain hari Sabtu, Minggu dan hari libur resmi nasional dimana bank buka untuk melakukan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia.

      SARA merupakan salah satu tindakan diskriminasi yang berhubungan dengan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan.

  2. Penggunaan Platform kilatbill.id
    1. Penggunaan Platform kilatbill.id dimaksudkan bagi Pengguna hanya untuk layanan, fitur, dan kepentingan yang sesuai dengan layanan yang diberikan kilatbill.id.

    2. Pengguna wajib memberikan informasi yang benar, akurat, terkini, dan lengkap dalam rangka registrasi atau penggunaan fitur atau Platform kilatbill.id untuk memperoleh layanan terbaik yang diberikan kilatbill.id.

    3. Pengguna menjamin bahwa informasi yang diberikan kepada kilatbill.id didapatkan secara sah dan Pengguna telah mendapatkan persetujuan yang cukup dari Mitra apabila Pengguna memberikan informasi terkait Mitra yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur tertentu pada Platform kilatbill.id.

  3. Akses dan Keamanan Platform kilatbill.id

    Pengguna dilarang untuk:

    1. Melemahkan keamanan atau integritas dari Platform kilatbill.id, baik yang terdapat dalam sistem komputer atau jaringan kilatbill.id maupun dalam sistem atau jaringan komputer pihak lain

    2. Menggunakan atau menyalahgunakan Platform kilatbill.id dengan cara apapun yang dapat mengganggu kemampuan Pengguna lain untuk menggunakan Platform kilatbill.id

    3. Melakukan akses yang tidak sah atas materi apapun selain yang sudah dinyatakan dengan jelas dan diizinkan untuk diakses oleh Pengguna atau Mitra

    4. Menggunakan, mengirimkan, menempelkan, atau memasukkan tautan (link); perangkat lunak (software), perangkat lunak (hardware), atau alat lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada robot, emulator, spider, crawler ke dalam atau pada Platform kilatbill.id yang mengakibatkan pelemahan, penghambatan, perusakan, atau penyalahgunaan Platform kilatbill.id

    5. Mengirimkan, memasukkan, atau menayangkan tautan (link), bahan, materi, atau data yang memuat hasutan, ujaran kebencian, menyinggung SARA, atau melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan negara Republik Indonesia ke dalam atau pada Platform kilatbill.id; termasuk data atau materi lainnya yang dilindungi oleh hak cipta atau rahasia dagang yang mana baik Pengguna maupun Mitra tidak memiliki hak untuk memakainya.

    6. Mengubah, menyalin, meniru, membongkar, atau melakukan reverse engineering atas program komputer apapun yang dipakai untuk memberi layanan dalam Platform kilatbill.id.

  4. Service Level Agreement (SLA)

    Dalam hal terdapat permasalahan terkait sistem dalam Platform kilatbill.id yang dilaporkan oleh Pengguna, maka:

    1. Waktu yang dibutuhkan kilatbill.id untuk mengidentifikasi permasalahan sistem sejak masuknya laporan awal adalah 2x24 jam.

    2. Waktu yang didedikasikan untuk perbaikan atau menangani permasalahan adalah 2-15 hari kalender, tergantung dari tingkat kerumitan permasalahan.

    3. Dalam hal proses perbaikan telah dilakukan sesuai jangka waktu di atas namun menurut penilaian kilatbill.id hal tersebut terbukti masih memerlukan perbaikan, maka proses dan jangka waktu perbaikan masalah dimulai kembali dari butir 4.1.

    4. Jika proses perbaikan masalah telah selesai dan tidak terdapat sanggahan dari pelapor/Pengguna dalam kurun waktu 2x24 jam sejak diterbitkannya pemberitahuan terselesaikannya perbaikan masalah oleh kilatbill.id, maka permasalahan dianggap telah selesai dan laporan ditutup.

  5. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
    1. Kami adalah pemilik dari HAKI dalam Platform kilatbill.id, termasuk semua materi pemasaran, logo, merek dagang atau merek jasa yang menyebutkan nama "PT Kilat Bill". Penggunaan materi pemasaran, logo, merek dagang, dan merek jasa yang Kami miliki oleh Pengguna atau pihak lain manapun harus dilakukan dengan persetujuan tertulis dari Kami terlebih dahulu.

    2. Dengan menyetujui Syarat & Ketentuan ini, Anda memberikan Kami persetujuan untuk menempatkan logo, merek dagang, atau merek jasa Anda dalam materi pemasaran Kami. Anda tetap memiliki HAKI atas logo, merek dagang, atau merek jasa tersebut dan penempatan tersebut oleh Kami tidak semerta-merta merupakan pelimpahan kepada atau pengambilalihan HAKI Anda tersebut oleh Kami.

  6. Pemrosesan Data

    Kami memproses data pribadi Pengguna dan data perusahaan Pengguna dan Mitra berdasarkan Kebijakan Privasi Kami dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan mendaftar pada, mengakses, dan/atau menggunakan Platform kilatbill.id, Anda memberikan persetujuan atas tindakan pemrosesan tersebut.

  7. Jaminan dan Pelepasan

    Anda menjamin Kami dari tuntutan ganti rugi dan melepaskan Kami (termasuk direksi, komisaris, dan karyawan; dan perusahaan saudara atau afiliasi serta direksi, komisaris, dan karyawan perusahaan saudara atau afiliasi tersebut) dari setiap klaim atau tuntutan atau biaya hukum yang timbul dari klaim atau tuntutan tersebut, yang dilayangkan oleh Mitra atau pihak ketiga lain sebagai akibat dari pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan Platform kilatbill.id yang tidak semestinya, pelanggaran hukum, atau pelanggaran atas hak-hak Mitra atau pihak ketiga lainnya tersebut yang dilakukan oleh Anda.

  8. Perubahan Syarat & Ketentuan Penggunaan Platform

    Kami berhak untuk mengubah atau menambahkan ketentuan dalam Syarat & Ketentuan sewaktu-waktu dengan menerbitkan pemberitahuan kepada Pengguna selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender sebelum perubahan atau penambahan tersebut efektif. Kami menghimbau Pengguna untuk mengakses dan membaca halaman Syarat & Ketentuan ini secara berkala. Apabila Anda tidak berkenan dengan perubahan atau penambahan tersebut, maka Pengguna disarankan untuk tidak mengakses dan menggunakan Platform kilatbill.id.

  9. Pilihan Hukum

    Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Republik Indonesia. Anda setuju bahwa sengketa atau tindakan hukum yang berhubungan dengan Syarat & Ketentuan ini akan diselesaikan dalam yurisdiksi pengadilan negara Republik Indonesia.

  10. Kontak

    Pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau Permohonan Subjek Data dapat dilayangkan secara elektronik ke cs@kilatbill.id